Selasa, 07 Oktober 2014

Merayakan Kemerdekaan

Bagaimana cara merayakan kemerdekaan?

Ini adalah pertanyaan, mungkin juga pernyataan, yang terus muncul setiap tahun. Menjadi warga dari negara yang sudah bisa menikmati kemerdekaan tentu harus dimanfaatkan dengan baik. Mengibarkan Sang Merah Putih, mengikuti upacara dan aneka perlombaan, apapun itu, kegiatan yang positif sekaligus menyenangkan.

Terus menggapai mimpi! (Foto: Pinterest) Terus menggapai mimpi! (Foto: Pinterest)

Ketika duduk di bangku sekolah dulu, mungkin kita sering mendengar bahwa salah satu cara yang bisa dilakukan adalah belajar giat. Agar nantinya bisa menjadi warga negara yang berguna, memajukan Indonesia. Tidak hanya mempelajari mata pelajaran yang ada di sekolah, tetapi juga dengan ‘belajar’ dari sumber lain seperti pengalaman seseorang.

Salah satu bentuk nyata yang bisa kita lakukan kini untuk merayakan kemerdekaan adalah melestarikan budaya. Ini bersifat jangka panjang. Sebagai hasil pemikiran dan kreatifitas manusia, budaya menjadi identitas suatu bangsa. Jika ingin Indonesia lebih dikenal, mari lestarikan budayanya.

Melestarikan budaya dapat dimulai dari hal kecil. Misalnya membiasakan penggunaan ‘tiga kata ajaib’: tolong, maaf, dan terima kasih. Sebagai bangsa yang dikenal ramah dan sopan, jangan lupa juga untuk memperbanyak senyum tulus. Barulah perlahan proses melestarikan budaya beranjak ke tingkat yang lebih tinggi seperti bangga mengenakan baju batik, menguasai salah satu tarian atau alat musik tradisional asli Indonesia, atau aktif dalam kegiatan di komunitas budaya.

Tetap bangga berbatik (Foto: Rahajeng Sekar Putri) Tetap bangga berbatik (Foto: Rahajeng Sekar Putri)

Mari merayakan kemerdekaan sambil terus melanjutkan perjuangan, mewujudkan Indonesia menjadi negara yang lebih baik dan maju. Salam hangat! :)





selengkapnya





Batik Nusantara

0 komentar:

Posting Komentar